Cara Membuat Kue Sentiling Pelangi Dari Singkong Yang Lezat

Resep Kue Dari Singkong 2016

KOKIBU - Hai Bundalovers, selamat pagi menjelang siang. Bundalovers pasti sudah tau yang namanya singkong, ternyata selain isi kandungannya yang banyak singkong ini juga enak dan lezat jika kita sulap menjadi makanan yang akan di senangi sama anak kecil. Kali ini kita akan membuat kue Sentiling Pelangi Singkong. Bagaimana apakah anda akan mencoba membuatnya kue yang satu ini, silahkan catat resep dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:
  • 1 kg Singkong [kupas bersih kemudian rendam agar tidak berwarna kecokelatan]
  • 250 gram Gula pasir
  • ½ sdt Pasta vanili [untuk menambahkan rasa dan aroma]
  • Garam halus secukupnya
  • Pewarna makanan secukupnya [berwarna merah, hijau, kuning]
  • Kelapa parut [setengah tua atau tidak terlalu muda]
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya [campuran kelapa parut]

Cara Membuat:
  1. Parutlah singkong yang sudah dikupas dengan menggunakan parutan biasa. Agar tidak terlalu banyak menempel pada parut ketika memarut singkong, sebaiknya parutan dilapisi dengan plastik.
  2. Campurkanlah parutan singkong dengan pasta vanili, gula pasir, dan garam. Aduk sampai merata dengan menggunakan tangan ataupun dengan menggunakan bantuan sendok.
  3. Tuangkan air yang sudah disediakan secara perlahan dalam campuran singkong dan bahan lainnya. Dicampur sampai adonan tidak terlalu encer. Pastikan jika air yang digunakan bersih dan tidak terlalu banyak. Jika adonan terlalu encer, tambahkan parutan singkong lagi agar adonan mengental dan bisa dibentuk.
  4. Bagilah adonan menjadi tiga bagian yang sama banyak atau bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan banyaknya jumlah warna.
  5. Masukkan pewarna makanan dalam adonan yang sudah dibagi tadi dengan warna yang berbeda­beda. Cukup satu sampai dua tetes pewarna saja agar rasanya tidak pahit. Akan lebih enak lagi jika Anda menggunakan pewarna alami seperti kunyit, daun suji, dan bahan alami lainnya.
  6. Aduk masing­ - masing adonan yang mempunyai warna berbeda sampai warnanya tercampur merata ke dalam adonan.
  7. Bentuk masing - ­masing adonan menjadi kotak panjang atau bentuk balok. Besarnya ukuran dari bentuk ini bisa Anda sesuaikan dengan panci yang akan digunakan untuk mengukus.
  8. Siapkan panci kemudian didihkan air yang ada di bawahnya lalu alasi panci dengan menggunakan daun pisang dan masukkan adonan yang sudah dibentuk tadi dalam panci. Kukus sampai matang atau kurang lebih 35 menit.
  9. Siapkan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan garam secukupnya.
  10. Angkat dan tiriskan kue sentiling yang sudah matang lalu potong sesuai dengan selera Anda kemudian gulingkan pada parutan kelapa yang sudah disiapkan tadi.
  11. Selanjutnya anda sajikan kue yang sudah anda buat.

Mungkin cukup resep dan cara pembuatannya sampai disini, silahkan anda coba dan hidangkan bersama keluarga. Terima Kasih.

from Kokibu | Aneka Resep Masakan Nusantara http://ift.tt/2cIWNkF
via IFTTT

Subscribe to receive free email updates: