3 makanan daerah akan jadi bintang di IGF 2017 - BeritagarID

Ilsutrasi udang rambut betara
Ilsutrasi udang rambut betara © otc /shutterstock

Acara Indonesia GastroFest 2017 yang akan diadakan tahun depan memiliki misi untuk memperkenalkan makanan khas daerah yang langka dan kurang populer. Tiga di antaranya adalah ikan dole, udang rambut betara, dan bubur pedas.

Ikan Dole - Sulawesi Tenggara

Ikan dole merupakan sajian khas Buton, Sulawesi Tenggara. Makanan ini dibuat dari ikan tenggiri yang ditumbuk halus lalu dicampur dengan kelapa parut dan telur. Adonan ikan, kelapa, dan telur lalu dibentuk segitiga, lalu digoreng sampai renyah.

Udang Rambut Betara - Jambi

Udang rambut betara berasal dari Kabupaten Batanghari, Jambi. Untuk membuatnya, udang dicincang telebih dahulu, dibalut dengan bihun, lalu digoreng sampai kering.

Bubur Pedas - Kalimantan Barat

Jenis bubur yang satu ini cukup populer di Sambas, dan Deli, Sumatera Utara. Sekilas bubur ini mirip dengan tinutuan khas Manado, bubur dipenuhi dengan aneka sayuran seperti daun pakis, kacang panjang, toge, wortel, kol gambas, ubi jalar, daun kesum (daun khas Sambas), dan daun kunyit. Bubur ini juga diberi tambahan berupa kelapa sangrai, ikan teri goreng, kacang, lemon cui, dan tentunya sambal.

Selain 3 makanan di atas, masih ada beragam sajian khas nusantara lain yang akan ditampilkan di Indonesia GastroFest 2017 (IGF 2017)

Masyarakat daerah akan diberi kesempatan untuk menampilkan aneka menu-menu resep makanan warisan tradisional daerahnya, khususnya yang belum pernah atau kurang dikenal kebanyakan masyarakat Indonesia.

IGF 2017 sendiri merupakan pesta seni makanan yang dibuat dalam rangka membangun kesadaran serta melestarikan warisan seni masakan tradisional sebagai karakter jati diri budaya kebangsaan.

Acara tersebut juga menawarkan pengalaman kuliner baru yang belum pernah ada sebelumnya. Pesta seni makanan ini dirancang untuk orang-orang yang terlibat dalam dunia makanan dan pencinta makanan.

Untuk mencoba ketiga makanan di atas, serta makanan khas daerah lain yang belum terkenal, jangan lupa catat tanggal diselenggarakan IGF 2017 pada 21 - 23 Juli 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Jalan BSD Grand Boulevard, BSD City, Tangerang - Banten.



http://ift.tt/2ejvX2X

Subscribe to receive free email updates: